Jerman Permudah Syarat Jadi Warga Negara untuk Mendatangkan Imigran

Jerman Permudah Syarat Jadi Warga Negara untuk Mendatangkan Imigran

Banjarmasin, SUN FM Radio – Disaat negara lain lagi struggle akan jumlah penduduk yang padat, berbeda dengan negara Jerman nih sun people. Kabarnya mereka membuka dan memudahkan syarat untuk menjadi warga negara mereka. Kenapa?

Jerman mengumumkan rencana mempermudah syarat memperoleh kewarganegaraan pada Senin (28/11) yang lalu.

Pemerintahan Kanselir Olaf Scholz menuturkan ingin meningkatkan jumlah imigran yang masuk dan pelatihan demi mengatasi kekurangan sumber daya manusia terampil di masa pertumbuhan ekonomi yang tengah melemah saat ini.

Selain itu, saat ini jumlah populasi lansia di Jerman melebih usia produktif.

"Siapa pun yang tinggal dan bekerja di sini secara permanen juga harus dapat memilih dan dipilih, mereka harus menjadi bagian dari negara kita dengan semua hak dan kewajiban yang menyertainya," ucap Scholz di forum imigrasi yang disiarkan di televisi seperti dikutip Reuters.

Selain itu, Jerman, kata Scholz, juga akan mempermudah para imigran untuk belajar atau memperoleh kualifikasi di Jerman.

Scholz juga menegaskan akan mengizinkan imigran memiliki kewarganegaraan ganda, dengan alasan bahwa "kepemilikan dan identitas bukanlah permainan zero-sum."

Gimana menurut kamu nih, sun people. Mau ikut daftar jadi warga negara Jerman juga? Kapan lagi tinggal di luar negeri gitu, kan!

(sumber: cnnindonesia.com)