Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Kalsel Programkan Pelayanan Melalui Puskesmas

Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Kalsel Programkan Pelayanan Melalui Puskesmas

Banjarmasin, SUN FM Radio – Tepat kemarin banget, dimana setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia nih, sun people.

Tidak dipungkiri ya bahwa HIV/AIDS masih menjadi salah satu masalah kesehatan serius yang memengaruhi jutaan orang secara global.

Sementara itu, berdasarkan Data dari Dinas Kesehatan Kalsel pada Pengelola Program (PP) HIV , Muhammad Riza, tercatat  sampai Oktober 2022 sejumlah 395 kasus HIV.

Sayangnya, diketahui dari rangkuman tersebut terdapat diantaranya sebanyak 299 dari pria, dan sebanyak 96 kasus dari perempuan. Kasus itu didominasi oleh pria 70 persen dan 30 persennya dari perempuan. Adapun yang sering ditemukan rentan usia 25 - 50 tahun.

"Kasus yang berusia di bawah 20 tahun dan di atas 50 tahun juga ada ditemukan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, dalam memperingati hari AIDS Sedunia memprogramkan layanan kesehatan untuk para ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), bisa melalui puskesmas di sekitarnya. Program ini tentu akan berjalan di 2023 mendatang. Dengan pemberian layanan kesehatan melalui puskesmas terdekat, diharapakan dapat memudahkan para penyitas HIV/AIDS untuk terus berobat.

Mari kita sama-sama melawan penyebaran penyakit HIV/AIDS, ya sun people!

(sumber: tribunnews.com)