Stok Bensin SPBU Habis Akibat Aksi Mogok Kerja Supir Truk di Korsel

Stok Bensin SPBU Habis Akibat Aksi Mogok Kerja Supir Truk di Korsel

Banjarmasin, SUN FM Radio – Bukan hanya terjadi di Indonesia, mogok kerja di Korsel bahkan menyebabkan stok bensin habis lho, sun people!

 Pengemudi truk Korea Selatan kembali melakukan mogok massal yang berdampak pada minimnya pasokan bahan bakar di 100 pom bensin Negeri Gingseng tersebut.

Pemogokan terjadi lantaran mereka menolak program upah minimum yang berlaku pada 24 November kemarin. Mereka menuntut upah layak dan kondisi kerja yang lebih baik.

Mengutip Reuters, pada Selasa (6/12), mogok massal tersebut didukung oleh Konfederasi Serikat Buruh Korea (KCTU).

Menanggapi mogok massal tersebut, Presiden Yoon Suk-yeol pada Minggu memerintahkan persiapan untuk mengeluarkan perintah kembali bekerja bagi pengemudi di sektor-sektor seperti penyulingan minyak dan pembuatan baja, di mana kerusakan ekonomi tambahan diperkirakan terjadi.

Akibat pemogokan itu, hingga Senin (05/12) sore, hampir 100 SPBU kehabisan bahan bakar. Sekitar 60 persen dari mereka berada di Provinsi Seoul dan Gyeonggi, wilayah berpenduduk padat di dekat ibu kota, menurut data Korea National Oil Corp.

Wah, semoga kesepakatan baik dari seruan keluhan maupun permintaan dari kedua belah pihak bisa segera menemukan titik terang ya, sun people!

(sumber: cnnindonesia.com)