Beras Lokal Banjar Sebabkan Inflasi di Banjarmasin

Beras Lokal Banjar Sebabkan Inflasi di Banjarmasin

Banjarmasin, SUN FM Radio – Berdekatan dengan momen Natal dan Tahun Baru, beberapa harga pangan mengalami kenaikan, ya sun people! Hal ini merupakan fenomena yang lumrah terjadi menjelang suatu event/peringatan hari besar.

Melihat kondisi ini, kota Banjarmasin juga sudah mulai menaikkan beberapa harga terhadap pasokan keperluan rumah tangga. Salah satunya beras lokal, bahkan kenaikkan harga beras lokal ini yang menyebabkan inflasi di Banjarmasin.

Sejumlah harga sembako di Banjarmasin mengalami kenaikan jelang momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal ini diketahui saat Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina melakukan monitoring harga sekaligus stok bahan pangan di Pasar Sentra Antasari, Kamis (15/12/2022) pagi, waktu setempat.

Turut hadir dalam monitoring ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banjarmasin. Kepada awak media, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menerangkan dari hasil monitoring saat itu diketahui salah satu pemicu inflasi di Kota Seribu Sungai adalah beras lokal atau beras Banjar.

"Setelah dicek di lapangan, ternyata inflasi tertinggi itu masih di beras lokal Banjar, yaitu di harga Rp 15 ribu hingga Rp 17 ribu per liternya," katanya.

Ibnu memperkirakan tingginya harga beras lokal Banjar ini disebabkan tingginya permintaan masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Monitoring harga dan stok pangan ini lanjut Ibnu akan terus dilakukan, terlebih diperkirakan kondisi terjadinya kenaikan harga ini berpotensi hingga beberapa bulan ke depan.

sumber: tribunnews.com)