stok beras 2023

Mentan Jamin Stok Beras Aman Sampai Maret 2023

Banjarmasin, SUN FM Radio – Beberapa terakhir kondisi kita terkait dengan inflasi beras ya, Sun People…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok beras aman sampai Maret 2023. Berdasarkan data yang diterima, stok beras kelebihan 3 juta ton dari kebutuhan.

Dikutip dari CNN Indonesia, diungkapkan data tersebut sudah berdasarkan pencocokan dengan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), standing crop dan laporan daerah mengenai stok beras pada Januari, Februari, dan Maret 2023.

Stok tersebut bahkan belum termasuk hasil panen para petani. Pasalnya, panen raya diperkirakan terjadi pada April dan Mei 2023.

Melihat hal itu, ia memastikan stok saat ini yang aman sampai Maret akan bertambah lagi setelah panen raya berlangsung.

"Ingat sampai dengan Maret itu bukan puncak panen loh, puncak panen kita Maret-April-Mei berarti berjalan kesana masih panjang," terang Mentan.

Selama ini data yang digunakan Kementan adalah data verifikasi dari sejumlah pemantauan yang kemudian disampaikan BPS sebagai lembaga negara dalam mengurus data Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkap stok beras Indonesia defisit selama enam bulan terakhir.

Arief mengungkapkan hal tersebut saat ditanyakan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin terkait klaim Indonesia surplus beras pada Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR, beberapa waktu yang lalu. Khusus untuk Januari, produksi beras diperkirakan hanya 1,51 juta ton sementara konsumsi mencapai 2,51 juta ton. Akibatnya, terjadi defisit beras sebesar 1 juta ton.

(sumber: cnnindonesia.com)