Pajak air permukaan

Pemprov Kalsel Target Maksimalkan Pajak Air Permukaan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Hal ini berkaitan dengan pendapatan anggaran yang ternyata masih relatif rendah, nih Sun People…

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya untuk memaksimalkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Pajak Air Permukaan (PAP).

Pasalnya, penghasilan PAP di Kalsel masih relatif rendah. Hal itu mengemuka saat rapat koordinasi evaluasi kinerja evaluasi tahunan Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Senin (6/2/2023), waktu setempat.

Dilansir dari sumber, Tribunnews, catatan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalsel, ada potensi Rp 29 miliar lebih untuk menambah PAD. Meski pada 2022 hanya bisa tercapai sekitar Rp 9 miliar, namun tahun jni diklaim ada peningkatan 100 persen.

"Evaluasinya ke depan, bisa dimaksimalkan lagi. Targetnya tahun ini Rp 20 miliar," kata Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil, masih dilansir dari sumber yang sama.

Sementara itu, Kepala BPKP Kalsel, Rudy M Harahap, akan membantu mendorong pemprov dalam memaksimalkan PAP.

"Mulai dari sekarang, pemajakan bisa diperhitungkan dan disosialisasikan, seperti pemilik kolam ikan. Jadi, mereka tidak kaget," katanya.

Dengan maksimalnya pendapatan pajak air permukaan ini, maka diharapakan akan membantu akselerasi pembangunan di Kalsel.

(sumber: tribunnews.com)