Petani Banjarmasin Selatan

Akibat 2 Tahun Gagal Panen, Warga Minta Pertanian Bergeser ke Peternakan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Banyak faktor yang membuat warga di kawasan Banjarmasin Selatan ini susah untuk melanjutkan bidang pertanian saat ini, Sun People.

Gagal panen padi terjadi di banyak tempat di Kalimantan Selatan termasuk di kota Banjarmasin.

Meski sektor unggulan adalah perdagangan dan perindustrian, namun warga di kawasan Banjarmasin Selatan masih banyak yang mengandalkan pertanian sebagai sumber pendapatannya.

Selain karena faktor cuaca, hama yang menyerang tanaman juga menjadi masalah yang dihadapi petani di kawasan tersebut, dilansir dari sumber, Tribunnews.

Sebagian warga berharap ada bantuan dari Dinas Pertanian yang bisa membuat mereka berkegiatan dan bisa menghasilkan uang.

Masih dikutip dari sumber yang sama, keluhan lain yang juga dikumpulkan yakni karakteristik lahan pertanian di tempat tersebut adalah tanah berlumpur. Baik musim hujan maupun kemarau, dipastikan lahan tetap akan dalam, setinggi pinggang hingga dada petani.

Sebenarnya yang petani sini perlukan adalah traktor apung. Dibanding membersihkan lahan secara manual, risiko terluka akibat berjalan di dalam lumpur hingga waktu pembersihan yang sangat lama harus dihadapi para petani.

(sumber: tribunnews.com)