Respon dkp3

DKP3 Beri Respons Persoalan Dua Tahun Petani Banjarmasin Gagal Panen

Banjarmasin, SUN FM Radio – Gagal panen yang dialami warga karena faktor cuaca yang masih tidak menentu nih, Sun People…

Bahkan hingga saat ini cuaca belum dapat kita pastikan ya, hal ini bahkan tidak kamu sadari ternyata berdampak pada hasil panen hingga menyebabkan warga mengalami gagal panen selama 2 tahun terakhir.

Dampak cuaca tak menentu dan serangan hama, banyak petani Banjarmasin yang mengalami gagal panen, seperti yang dikutip dari sumber, Tribunnews (16/02). Hingga keluhan pun bermunculan dari sejumlah warga yang tidak bisa panen dua tahun belakangan.

Menanggapi keluhan warga, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin pun buka suara.

"Dua tahun terakhir kita gagal panen karena alam, bukan karena teknis, semua tergantung kondisi alam," ucap Kepala DKP3 Banjarmasin, M Makhmud, Kamis (16/2/2023), waktu setempat.

 

BACA JUGA: Google Dkk Akan Dikenakan Pajak di 2024 oleh Pemerintah

 

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya nih Sun People beberapa waktu yang lalu, dimana warga meminta perhatian dari pihak terkait demi keberlangsungan hidup mereka. Dengan berharap adanya solusi yang mereka dapatkan, bahkan peralihan usaha pun juga sempat disinggung memelihat kondisi panen saat ini sudah tidak bisa diharapkan.

Namun ketika disinggung apakah DKP3 akan memberikan bantuan peralihan usaha dari Pertanian ke peternakan, Makhmud menegaskan bahwa hal tersebut belum jadi program mereka.

"Belum ada bantuan peralihan usaha ini, dari kami belum ada program itu, masih kami pelajari. Nanti kami diskusikan lah," ucap dia, masih dikutip dari sumber yang sama.

Tidak tinggal diam, DKP3 juga memberi upaya sebagai langkah jangka pendek di 2023 ini, Dinas akan melaksanakan perubahan pola tanam bibit yang bisa dipanen setahun dua kali. Bibit padi yang dimaksud didapatkan dari bantuan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan.

(sumber: tribunnews.com)