kemenko perekonomian perpres 68

Perpres Diluncurkan: Payung Hukum Hubungan Dunia Pendidikan & Usaha

Banjarmasin, SUN FM Radio – Berharap ini akan mempengaruhi SDM dengan hasil yang lebih berkualitas.

Kini Indonesia juga harus mengedepankan masalah implementasi Pendidikan dalam negeri, ya Sun People. Salah satu bentuk perhatiannya dengan hal-hal semacam ini. Dimana Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi & Konferensi TVET Nasional Tahun 2023 resmi diluncurkan, Selasa (21/2/2023), waktu setempat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang bertindak selaku Wakil Ketua Pengarah Tim Koordinasi Nasional Vokasi menyatakan pemerintah telah menaruh perhatian besar pada pengembangan SDM melalui program vokasi, salah satunya dengan melakukan revitalisasi pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sun People.

Seperti yang dilansir dari sumber, Detik.com, disampaikan, "Ini adalah payung dari kerja sama antara sekolah-sekolah dengan pihak swasta. Terutama revitalisasi untuk pendidikan SMK. Karena pendidikan SMK itu dekat dengan dunia usaha. Oleh karena itu, beberapa program, beberapa indikatif sebelumnya sudah dilakukan seperti kegiatan super tax deduction untuk pendidikan vokasi yang 200% dan juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempersiapkan yang namanya matching fund," dalam keterangan tertulis Airlangga beberapa waktu yang lalu.

Paradigma pendidikan dan pelatihan vokasi juga harus diarahkan berorientasi pada kebutuhan pasar kerja termasuk pasar global, ya Sun People. Karena itu, sistem informasi pasar kerja yang komprehensif serta proyeksi kebutuhan ke depan, sangat diperlukan untuk menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Bahkan ditegaskan, nih Sun People, keberhasilan revitalisasi vokasi juga membutuhkan peran aktif dunia usaha dan dunia industri seperti Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dalam mendukung pendidikan dan pelatihan vokasi.

(sumber: detik.com)