Disdik Banjarmasin akan melakukan penggabungan sekolah dasar

Minim Siswa, Wacana Penggabungan Sekolah Dasar di Banjarmasin

Banjarmasin, SUN FM Radio – Mencuatnya wacana penggabungan ini lantaran beberapa sekolah masih kekurangan siswa, Sun People. 

Bukan tanpa sebab, rencana penggabungan sejumlah sekolah dasar mencuat di Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin seiring pendataan sekolah-sekolah yang minim siswa, dan lokasinya berdekatan.

Pertimbangan lain, disdik hendak membenahi, atau memperbaiki bangunan sekolah yang mengalami kerusakan, Sun People. 

Seperti dilansir dari sumber, Radar Banjarmasin, Disdik beranggapan akan sangat disayangkan bila sebuah sekolah mendapat kucuran dana perbaikan, namun siswa yang bersekolah di situ justru masih sedikit. Sementara alokasi anggaran perbaikan fasilitas di APBD terbatas. Ini memerlukan asas prioritas, juga keterdesakan.

Mengacu pertimbangan lokasi dan minimnya siswa, paling memungkinkan untuk digabung adalah SDN Teluk Dalam 10 dengan SDN Teluk Dalam 9. Jumlah siswa di SDN Teluk Dalam 10 terus berkurang dari tahun ke tahun, Sun People.

Kepala Disdik Banjarmasin, Nuryadi mengatakan rencana penggabungan sekolah bukan berarti bisa langsung dieksekusi. “Masih perlu pengkajian dan perencanaan yang matang. Ada kemungkinan tak bisa langsung dilakukan tahun ini,” ujarnya dalam keterangan, (23/02)), waktu setempar.

SDN Teluk Dalam 9 mau digabung lantaran jumlah siswa di situ hanya 60 siswa di tahun ajaran 2021/2022. Di situ jumlah siswa kelas VI lulus pada tahun yang sama hanya ada 16 siswa. Sedangkan SDN Teluk Dalam 10 juga hanya memiliki 4 siswa untuk kelas I. Kalau ditotal hingga kini hanya memiliki total 44 siswa di tahun ajaran 2022/2023. Rinciannya, kelas II diisi 10 siswa, kelas III dan IV masing-masing diisi 5 siswa, kelas V diisi 9 siswa, dan kelas VI diisi 11 siswa.

(sumber: radarbanjarmasin.com)