bahaya listrik saat cuaca ekstrem

Waspada Bahaya Kelistrikan di Cuaca Ekstrem

Banjarmasin, SUN FM Radio – Dalam beberapa waktu belakangan, cuaca ekstrem melanda wilayah Kalimantan nih, Sun People.

Masyarakat diminta waspada terkait kelistrikan. Menyikapi cuaca ekstrem tersebut, PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Khususnya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak dari tingginya intensitas curah hujan dan menyebabkan genangan air di beberapa tempat. Serta, bisa menyebabkan potensi mengancam keselamatan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng), Muhammad Joharifin mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Khususnya, terhadap instalasi kelistrikan rumah tangga saat hujan lebat disertai angin dan petir.

“Saat terjadi hujan lebat, pastikan pelanggan mencabut seluruh peralatan elektronik yang tersambung ke stop kontak untuk menghindari terjadinya arus pendek. Selain itu, apabila debit air mulai tinggi, diimbau segera mematikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) untuk menghindari bahaya sengatan listrik, karena air termasuk penghantar listrik yang baik. Pindahkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi dan tidak terjangkau air,” ungkap Joharifin.

Apabila terjadi ancaman keselamatan dari jaringan listrik akibat terkena banjir atau imbas cuaca ekstrem lainnya, masyarakat dapat melaporkan serta meminta penghentian aliran listrik sementara.

Dalam kondisi darurat dan menjaga keselamatan pelanggan, PLN terpaksa akan melakukan penghentian aliran listrik sementara ketika banjir, untuk mencegah bahaya sengatan listrik dan potensi gangguan kelistrikan yang lebih luas ya, Sun People.

(sumber: radarbanjarmasin.jawapos.com)