mudik lebaran 2023

Alasan Tanggal Cuti Bersama Lebaran Digeser Jadi 19-25 April 2023

Banjarmasin, SUN FM Radio – Biar waktu di jalan gak numpuk ya, Sun People.

Tau ‘kan, bahwa pemerintah mengubah jadwal tanggal libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran dari sebelumnya 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023.

Adanya perubahan tersebut bukan tanpa alasan, Sun People. Hal ini tentu guna bisa mengurangi efek membludaknya pemudik di waktu yang bersamaan seperti pengalaman mudik diwaktu-waktu sebelumnya. 

Sama seperti dilansir dari sumber, CNN Indonesia, alasan tanggal cuti bersama lebaran itu diubah karena untuk menghindari potensi penumpukan puncak arus mudik pada 21 April jika skenario jadwal libur sebelumnya diterapkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan perubahan jadwal cuti bersama Lebaran itu diputuskan dalam rapat terbatas mengenai persiapan arus mudik yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, waktu setempat. 

Menhub menyampaikan bahwa dirinya bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi pihak yang mengusulkan perubahan jadwal cuti bersama Lebaran 2023 dari 21-26 April menjadi 19-25 April dengan pertimbangan manajemen arus mudik.

Menurut Menhub, dengan konfigurasi cuti bersama yang lama, ada potensi penumpukan arus mudik luar biasa pada tanggal 21 April 2023.

"Dengan dimajukan itu, pemudik bisa mulai dari tanggal 18 (April) sore, 19, 20, 21, ada empat hari mereka mudik," katanya, Sun People.

Jadi, kamu sudah siapkan tiket ditanggal berapa nih untuk mudik lebaran? Semoga kebijakan ini dapat berjalan maksimal ya, Sun People.

(sumber: cnnindonesia.com)