hulu sungai tengah

Masih Terdapat Ribuan Unit Rumah Tidak Layak Huni yang Belum Tertangani di HST

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kesejahteraan tempat tinggal menjadi hal utama ya, Sun People.

Jika meihat dari kondisi pemukiman, mungkin segelintir di setiap daerah masih belum lepas dengan kondisi yang kurang sejahtera. Salah satunya di wilayah Kalimantan Selatan, nih Sun People. Warga di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) hingga kini masih banyak yang tinggal di rumah yang tidak layak huni.

Dilansir dari Tribunnews, berdasarkan data Disperkim HST, sampai dengan 2022 terakhir kemarin. Rumah Tidak Layak Huni di HST berjumlah sebanyak 3.927 unit yang belum tertangani yang tersebar di seluruh Kecamatan di HST.

Sub Koordinator Perumahan, Disperkim HST, Nydia Damayanti, ST saat ditemui mengakui adanya keterbatasan anggaran yang membuat tidak semua rumah tidak layak huni mendapatkan program bantuan rehab rumah.

Masih dikutip dari sumber yang sama, disampaikan bahwa "Meskipun demikian, kita tetap berupaya untuk mengurangi Rumah Tidak Layak Huni dengan mengusulkan usulan penanganan Rumah Tidak Layak Huni ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan hingga 2022, Kegiatan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni yang telah dilaksanakan di Kabupaten HST sebanyak 5.979 Unit yang sudah tertangani.

Bantuan tersebut, bersumber dari Dana APBN dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS), Dana APBD dengan Bantuan Rumah Swadaya (BRS), Dinas Sosial, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan Bantuan dari Provinsi.

Memang pada umumnya, bantuan Rumah tidak layak huni ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi.

(sumber: tribunnews.com)