dprd sosialisasi

Upaya Revitalisasi Budaya Banua Melalui Perda Kalsel

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kaum muda jangan lupakan Budaya, ya Sun People…

Upaya ini dilakukan agar budaya dapat dipertahankan ditengah gempurnya era serba modern dan digital ini, Sun People. Bersamaan dengan hal ini, sejumlah pihak dari DPRD Kalsel kembali menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Budaya Banua dan Kearifan Lokal, Minggu (02/04), waktu setempat.

Dilansir dari sumber, Tribunnews, kegiatan sosialisasi kali ini digelar di kawasan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala (Batola). Bahkan rencananya nih Sun People, kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali, mengingat pengembangan dan pelestarian budaya Banua kini kian lesu.

"Kenapa ini kita terus beberapa kali kita lakukan. Karena memang kita sangat merasakan bahwa budaya daerah ini banyak yang sudah mulai punah di masyarakat kita, tergerus," ungkapnya, masih dikutip dari sumber yang sama.

Salah satu kearifan lokal yang disorot dalam kegiatan ini, yakni bahuma atau bertani. Dituturkan tradisi tersebut kini kurang digandrungi generasi muda.

Padahal melihat kondisi saat ini, Banua butuh generasi muda yang berkualitas untuk meneruskan dan mengembangkan pertanian Kalsel, Sun People.

Merevitalisasi kearifan lokal dan budaya banua, dijelaskan juga oleh pihak DPRD Kalsel dalam Perda ini tepatnya di Bab IX pasal 34 tercantum bahwa pendidikan sejarah lokal dilakukan melalui kurikulum pendidikan dan pelatihan muatan.

(sumber: tribunnews.com)