kabel semerawut banjarmasin

Semerawutnya Kabel di Perkotaan, Banjarmasin Tidak Punya Perda

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kabel yang berantakan memang bukan pandangan yang indah ya, Sun People

Kamu sadar dengan kondisi kabel yang bergantungan di wilayah kota Banjarmasin? Jika kamu perhatikan, kondisinya bisa dibilang memang memprihatinkan Sun People. Disamping faktanya dari pemasangan kabel di setiap tiang menampakkan kondisi yang semerawut untuk dipandangi oleh mata. 

Dilansir dari sumber, Tribunnews, pemasangan kabel di Kalimantan Selatan, terutama di perkotaan seperti Banjarmasin dan Banjarbaru, makin semrawut. Di samping kabel listrik, kesemrawutan diperparah oleh kabel telepon dan internet. Kondisi ini tentu merusak pemandangan dan juga membahayakan, ‘kan Sun People.

Diakui bahkan masyarakat kerap memberikan keluhan warga mengenai bergelantungannya kabel mulai dari permukiman hingga jalan protokol. Bahkan ada pula yang mengeluh karena adanya provider yang memasang tiang dan jaringan tanpa izin pemilik lahan. Jika ditelusuri hal ini ternyata melanggar Undang-Undang Nomor 36 tentang Telekomunikasi, Sun People.

Kelompok masyarakat yang mengeluh juga khawatir pemasangan kabel yang sembarang memicu korsleting. Bahkan aka nada kemungkinan kabel yang bergelantunga menyeberang jalan dapat membahayakan pengendara yang melintas di kawasan tersebut. 

Menanggapi permasalahan ini, Sekretaris Komisi III DPRD Banjarmasin Afrizaldi mengatakan belum ada regulasi mengenai pemasangan kabel di kota ini. Ia juga mengaku sempat mempertanyakan masalah ini kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Namun sayangnya kedua instansi tersebut diakuinya belum memberikan tanggapan.

(sumber: tribunnews.com)