lomba maharagu 2023

"Maharagu" untuk Kembalikan Fungsi Sungai di Banjarmasin

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kamu juga harus menjaga lingkungan Sungai, Sun People!

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar lomba "Maharagu" sebagai upaya mengembalikan fungsi dan mengurangi kerusakan sungai pada 2023.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin, Dwi Naniek di Banjarmsin, Senin, beberapa waktu yang lalu, menuturkan lomba Maharagu sungai pada 2023 mempertimbangkan 14 kriteria penilaian, salah satunya  setiap peserta lomba harus ikut memprogramkan 100 ribu "barasih bawah barumahan" (babasah) atau kolong rumah, Sun People.

Program Babasah merupakan hasil penelitian yang menyebutkan 290 sungai di Kota Banjarmasin sudah tercemar mikroplastik, karena sebaran sampah plastik terutama di kolong rumah banyak yang menumpuk dan sulit terurai.

Diketahui, Banjarmasin sebagai kota berjuluk "Kota Seribu Sungai" itu merupakan wilayah rawa dengan hampir banyak bangunan rumah menggunakan sistem panggung dengan jumlah rumah sekitar 220 ribu unit.

Dengan sistem panggung maka terdapat kolong rumah yang bisa menjadi tempat tumpukan sampah yang dibuang masyarakat, ‘kan Sun People. 

(sumber: antarakalsel.com)