may day

Puluhan Ribu Buruh Bakal Geruduk Istana Saat May Day 1 Mei

Banjarmasin, SUN FM Radio – Jelang peringatan Hari Buruh, nih Sun People!

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) beserta asosiasi buruh dan pekerja lainnya bakal turun ke jalan pada 1 Mei 2023 mendatang untuk memperingati Hari Buruh alias May Day.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan setidaknya bakal ada ratusan ribu buruh yang akan turun ke jalan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sementara untuk buruh yang ada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten akan difokuskan di depan Istana, Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Istora Senayan, Sun People.

BACA JUGA: Fenomena Gerak Semu Matahari Jadi Penyebab Cuaca Panas di Kalsel

"Akan diikuti tercatat hampir 50 ribu orang, target kami adalah 100 ribu orang aksi di Istana negara," kata Said dalam acara daring, Kamis (27/4), seperti dilansir dari sumber, CNN Indonesia.

Dikatakan aksi buruh kali ini merupakan gabungan dari sejumlah organisasi besar buruh nasional. Sejumlah organisasi pekerja itu antara lain KSPSI, KSPI, KPBI, KSBSI, Jala PRT, dan juga ada dari elemen mahasiswa.

Disamping itu, dalam aksi tersebut, setidaknya ada enam tuntutan yang nantinya akan disuarakan para buruh. Pertama, menolak Undang-undang Cipta Kerja. Kedua, mendesak peninjauan ulang ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) dalam pemilihan umum di Indonesia.

Ketiga, mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Keempat, tolak RUU Kesehatan. Kelima, reforma agraria dan kedaulatan pangan. Dan keenam, pilih presiden 2024 yang pro buruh dan kelas pekerja, Sun People.

(sumber: cnnindonesia.com)