cuaca panas

Fenomena Gerak Semu Matahari Jadi Penyebab Cuaca Panas di Kalsel

Banjarmasin, SUN FM Radio – Belakangan ini kamu pasti juga merasakan panas yang sangat menyengat, ‘kan Sun People…

Panas ekstrem memang dilaporkan terjadi di sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia bahkan wilayah Kalimantan Selatan. Menanggapi fenomena alam ini, stasiun Meteorologi Kelas ll Syamsudin Noor Banjarmasin mencatat dalam satu pekan terakhir suhu udara maksimum di Kalimantan Selatan mencapai 35,4 derajat celcius.

BACA JUGA: Pemkot Banjarmasin Siaga Hadapi Cuaca Panas Ekstrem

Data suhu udara yang dicatat hingga 23 April 2022 yang lalu itu disebutkan secara klimatologis, masih dalam kondisi normal, lho Sun People! Kondisi cuaca itu terjadi merata untuk seluruh Kalsel, dengan masih adanya potensi hujan ringan-sedang.

Seperti dikutip dari sumber¸ Tribunnews, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas ll Syamsudin Noor Banjarmasin, Karmana, menjelaskan kondisi cuaca panas yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini, merupakan fenomena akibat adanya gerak semu matahari.

"Gerakan itu merupakan siklus biasa setiap tahun, dan potensi suhu udara panas seperti ini dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya," jelas Karmana.

Meski demikian disebutkan juga secara keseluruhan di Indonesia, suhu panas maksimum sudah mengalami penurunan, Sun People. Sebab kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34-36 derajat celcius di beberapa lokasi.

(sumber: tribunnews.com)