isdb

RI Resmi Jadi Pemegang Saham Terbesar ke-3 Islamic Development Bank

Banjarmasin, SUN FM Radio – Ini membuat Indonesia memiliki peran yang besar, Sun People.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan Indonesia resmi meningkatkan kepemilikan saham di Islamic Development Bank (IsDB) dari posisi ke-12 menjadi posisi ke-3.

Kenaikan saham khusus/Special Capital Increase (SCI) ini menempatkan saham Indonesia di IsDB di bawah Saudi Arabia dan Libya dengan kenaikan saham sebesar 8,43 persen.

BACA JUGA: Panas Menyengat Tembus 35,6 Derajat Celsius, Muncul Empat Titik Api di Banua

Menurutnya, IsDB merupakan bank pembangunan multilateral yang memiliki keunggulan komparatif.

IsDB tidak saja sebagai satu-satunya bank pembangunan multilateral yang menerapkan prinsip syariah, namun mayoritas anggotanya adalah negara berkembang sehingga bisa ikut mengedepankan Kerjasama Selatan-Selatan.

Untuk diketahui nih, Sun People, Indonesia juga dapat secara langsung berperan aktif dalam operasionalisasi IsDB dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan serta pengentasan kemiskinan di negara-negara anggota IsDB. Adapun negara-negara anggota IsDB pada umumnya merupakan negara dengan komunitas muslim yang berpendapatan rendah.

Di sisi lain, Indonesia juga dapat semakin mendorong peran IsDB dalam berbagai kegiatan pembangunan di tanah air, termasuk dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Islam.

(sumber: cnnindonesia.com)