cctv di banjarmasin

Banjarmasin Mau Pasang CCTV di Semua RT, Sementara Andalkan Milik Pribadi Warga

Banjarmasin, SUN FM Radio – Untuk memantau ruang publik, nih Sun People. 

Pemko Banjarmasin akan memasang CCTV di seluruh RT di Banjarmasin. Supaya dapat mengawasi seluruh ruang publik.

“Banjarmasin akan kami awasi dengan CCTV seperti kota-kota besar lainnya,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Windiasti Kartika, belum lama tadi, dilansir dari sumber, Radar Banjarmasin.

BACA JUGA: Gubernur Lampung Minta Wartawan Tak Rekam Kegiatannya: Berbahaya

Realisasinya memang tidak mudah ya, Sun People. Jumlah RT mencapai 5.000 lebih. Biaya membeli perangkat CCTV serta jaringan kabel yang dibutuhkan tentu besar. Pasti akan menggerus anggaran. Makanya dilakukan bertahap, menyesuaikan anggaran daerah.

Maka dengan itu, agar pengawasan tetap dapat dilakukan, untuk sementara waktu pihaknya berencana mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang CCTV. Di dalamnya mengatur keterlibatan masyarakat, nih Sun People.

Bagi yang sudah memasang CCTV di rumah maupun toko dan sebagainya, terutama di titik-titik strategis, agar bisa membagikan link kepada pemko. Dengan begitu, pemko dapat ikut memantau. 

Lalu, Bagaimana sistem pengawasannya? Dijelaskan akan sama seperti di kota-kota lain seperti di Semarang yang sudah menerapkan terlebih dahulu. Pusat pengawasan diawasi langsung oleh masing-masing SKPD. Kalau mengharapkan SDM Diskominfotik saja tentu akan kewalahan, Sun People.

(sumber: radarbanjarmasin.com)