Banjarmasin Targetkan 2.600 Ekor Sapi untuk Hari Raya Idul Adha

Banjarmasin, SUN FM Radio – Tinggal menghitung hari lagi, kita menghadapi perayaan Hari Raya Idul Adha, Sun People. 

Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan Kurban, ‘kan Sun People. Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan kota setempat menargetkan dapat menyiapkan hingga sebanyak 2.600 ekor sapi untuk Hari Raya Idul Adha 1444 H atau 2023.

"Masih disiapkan antara 2.200 hingga 2.600 ekor sapi kurban tahun ini," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin M Makhmud di Banjarmasin, Senin, waktu setempat.

BACA JUGA: Banjarmasin Dapat "hadiah" Jembatan Gantung dari Kementerian PUPR

Dilansir dari Antaranews, menurut dia, sapi kurban yang didatangkan untuk memenuhi kebutuhan hari Raya Idul Adha ini tidak hanya dari daerah tetangga, yakni, dari Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut, tapi juga dari luar pulau Kalimantan.

Melihat kondisi ini juga diketahui ya, Sun People, kota Banjarmasin sendiri memang selalu mengandalkan pemenuhan sapi untuk hari Raya qurban tersebut dari luar daerah, melihat sebagian daerah memang hampir tidak memiliki peternakan sapi.

Disamping itu, untuk tetap memastikan sapi kurban sehat, kata Makhmud, setiap sapi kurban yang masih ke Kota Banjarmasin diperiksa kesehatannya. "Dari luar pulau diperiksa oleh Balai Karantina asal daerah sapi, sampai di Banjarmasin masuk Balai Karantina Banjarmasin, kemudian masuk rumah potong hewan (RPH) diperiksa oleh tim kesehatan hewan," ujarnya lebih lengkap.

(sumber: antaranews.com)