robert downey jr oppenheimer

Robert Downey Jr. Berhasil Bawa Pulang Piala di Critics' Choice Awards 2024

Banjarmasin, Sun FM Radio – Robert Downey Jr. berhasil memenangkan piala Best Supporting Actor Critics' Choice Awards 2024. Ia berhasil memenangkan piala tersebut melalui perannya di film Oppenheimer. 

Dalam pidato kemenangan, sang aktor mengatakan kerap memikirkan kritikan yang diberikan kritikus dan masyarakat terhadap aktingnya. 

"Saya berpikir pagi ini, saya mencintai kritikan. Mereka memberikan saya feedback yang indah, dan banyak momen luar biasa di dalamnya, banyak dari mereka yang puitis," kata Robert Downey Jr. seperti diberitakan The Hollywood Reporter.

BACA JUGA: Kyuhyun Super Junior Akan Gelar Konser Solo di Jakarta

Ia kemudian sempat berguyon dengan mengutip beberapa kritikan yang pernah diberikan Critics Choice Association kepadanya.

"Yang pertama agak mirip haiku: 'ceroboh, berantakan, dan malas.' Kedua lebih metaforis: 'Seperti Pee-wee Herman yang baru sadar dari koma," ucapnya.

"Yang ini dari orang Inggris: 'Sungguh menyia-nyiakan bakat yang membingungkan." Ia kemudian akhirnya dengan, "Dan yang terakhir - ini yang bertahan lama - 'lucu seperti kentut yang menyebar di kamar.

Kemenangan ini juga jadi yang pertama kali bagi Robert Downey Jr. setelah beberapa kali masuk nominasi.

Ia pernah jadi nominee Best Supporting Actor pada 2009 untuk Tropic Thunder. Kemudian, masuk nominasi Best Actor in an Action Movie berkat peran Iron Man dalam The Avengers (2013) dan Iron Man 3 (2014).

Sementara itu, Oppenheimer masuk 13 nominasi di Critics' Choice Awards 2024, seperti kategori prestisius Best Picture, Best Director (Christopher Nolan), Best Actor (Cillian Murpy), dan Best Acting Ensemble.

Selain itu ada Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Production Design, Best Editing, Best Hair and Makeup, Best Visual Effects, dan Best Score.