Perketat Pengawasan Hewan Kurban dari luar Kalimantan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kurban adalah poin penting jelang Hari Raya Idul Adha, Sun People…

Berkaitan dengan hal ini, DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan meminta pengawasan ketat hewan qurban yang datang dari luar daerah, khususnya yang dari luar pulau Kalimantan.

Seperti dilansir melalui sumber, Antaranews, "Kita harus terus waspada dengan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang datang ke wilayah kita," ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Bambang Yanto di gedung dewan kota, Kamis, waktu setempat.

BACA JUGA: Presiden BEM Unnes Teriaki Menteri ESDM Dapat Penghargaan di Kampus

Sebagai pelajaran, sebab penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak pada sapi khususnya di tahun lalu banyak yang tertular, Sun People. Oleh itu, hewan kurban baik sapi maupun kambing yang diedarkan ke masyarakat untuk Hari Raya Idul Adha 1444 H atau 2023 M harus dipastikan sehat, utamanya dari penyakit mulut dan kuku termasuk juga cacing hati.

Pasalnya, pasokan hewan kurban di Banjarmasin didominasi dari pulau Jawa, Madura, Bali serta Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. 

Sebagimana yang disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin M Makhmud, kebutuhan hewan kurban di kotanya tahun ini diperkirakan lebih 2.000 ekor. Sehingga, target persiapan hewan kurban di Kota Banjarmasin sebanyak 2.600 ekor, naik dari tahun lalu yang hanya sebanyak 1.500 ekor.

(sumber: antaranews.com)