Nasib Program Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Menggantung

Banjarmasin, SUN FM Radio – Rencana ini sudah diumumkan dari sejak lama, ya Sun People. 

Rencana yang mungkin juga sudah Sun People ketahui, namun ternyata hingga saat ini kabarnya masih belum dapat terealisasi nih. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum bisa mengimplementasikan program bagi-bagi rice cooker gratis tahun ini karena belum ada alokasi anggaran.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, tak adanya alokasi anggaran ini disebabkan program tersebut belum mendapat restu dari Bappenas dan Kementerian Keuangan.

BACA JUGA: Sekjen Kemenaker Sebut Penyediaan Lapangan Kerja Jadi Tantangan Besar RI

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) ESDM, Jisman P. Hutajulu mengatakan saat ini Bappenas dan Kemenkeu baru bisa memberikan restu untuk eksekusi program karena belum ada surat tertulis dari DPR, khususnya Komisi VII.

Tak hanya tahun ini, dengan restu dari Bappenas dan Kemenkeu, ESDM juga bisa segera mengalokasikan anggaran rice cooker gratis pada 2024 mendatang. Sebab, saat ini program tersebut belum masuk dalam rencana anggaran tahun depan.

Oleh karena itu, Jisman berharap setelah rapat dengan anggota dewan, syarat yang belum terpenuhi tersebut bisa segera dilaksanakan. Dengan demikian, Bappenas dan Kemenkeu bisa segera memberi restu dan anggaran untuk pelaksanaan program.

Sebelumnya, ESDM memang merencanakan pembagian rice cooker gratis kepada sebanyak 474.660 rumah tangga pada 2023. Ini untuk seluruh rumah tangga yang tersebar di 34 provinsi. Adapun, 50 persen dari rencana ditargetkan untuk rumah tangga yang tersebar di Pulau Jawa-Madura-Bali (Jamali). Sebab, saat ini wilayah tersebut yang memiliki kapasitas listrik memadai, bahkan over capacity.

(sumber: cnnindonesia.com)