Sekjen Kemenaker Sebut Penyediaan Lapangan Kerja Jadi Tantangan Besar RI

Banjarmasin, SUN FM Radio – Lapangan kerja di Indonesia masih menjadi PR besar, ‘kan Sun People. 

Kondisi ini juga bukan hanya dirasakan oleh masyarakat, namun Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi juga bisa membaca kondisi saat ini, Ia mengungkapkan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Republik Indonesia (RI) saat ini. 

BACA JUGA: 12 Juni, Gaji 13 PNS Pemprov Kalsel Cair: Total 78 Miliar Rupiah

Tantangan yang dimaksud adalah rendahnya kualitas pertumbuhan ekonomi, terutama dalam penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Hal tersebut, menurut Anwar, terjadi karena karakteristik pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami perubahan. "Industri kita lebih padat modal daripada padat karya, akibatnya angka pengangguran terbuka dan kemiskinan masih menghimpit sebagian penduduk," ucap Sekjen Anwar Sanusi, dikutip dari sumber, Kompas. 

Untuk itu, Sekjen Anwar menyatakan, pelaksanaan job fair merupakan suatu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak hanya itu, kata dia, pelaksanaan job fair juga bermanfaat bagi perusahaan untuk memperoleh kandidat berkualitas sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan.

(sumber: Kompas.com)