tk diwisuda

Anak TK Diwisuda, Setujukah?

Banjarmasin, Sun FM Radio – Lagi rame Sun People, pertimbangan anak kecil diwisudakah atau tidak, kamu tim mana?? Hampir setiap tahun, TK diberbagai tempat di Indonesia mengenyam pendidikan formal pertama ini menggelar wisuda. 

Awalnya, kegiatan ini hanya acara perpisahan dan kelulusan biasa. Tapi entah bagaimana ceritanya hingga acara perpisahan dan kelulusan itu berubah jadi wisuda anak TK lengkap dengan jubah dan toga layaknya lulusan perguruan tinggi.

BACA JUGA: Menjadi Gerbang IKN Wacana Kalsel Miliki Bandara Baru

Pengamat dan pemerhati pendidikan Doni Koesoema mengatakan bahwa pada dasarnya, prosesi wisuda merupakan upacara pelantikan yang dilakukan dengan khidmat. Wisuda juga selalu dikaitkan dengan proses pemberian gelar atau jabatan tertentu, seperti gelar sarjana.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh psikolog pendidikan di lembaga psikologi Kancilku, Bernandette Cindy Leo. Menurut dia, pada dasarnya jenis pelepasan atau perpisahan sekolah bisa menjadi bentuk apresiasi untuk anak yang telah menamatkan sekolahnya dan bersiap untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh psikolog pendidikan di lembaga psikologi Kancilku, Bernandette Cindy Leo.

Menurut dia, pada dasarnya jenis pelepasan atau perpisahan sekolah bisa menjadi bentuk apresiasi untuk anak yang telah menamatkan sekolahnya dan bersiap untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  sebagai bentuk apresiasi bagi para siswa karena telah berhasil menyelesaikan masa studi per jenjangnya," ujar Bernandette

(cnnindonesia.com)