helikopter BNPB

Helikopter dari BNPB untuk Tangani Karhutla di Kalsel Akhirnya Datang

Banjarmasin, Sun FM Radio – Semoga segera bisa menuntaskan karhutla Kal-Sel yah Sun People

Saat hujan mengguyur wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa hari terakhir, helikopter yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah datang. Helikopter tipe AS350B3e Reg. PK-DAM tersebut tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Kalsel, Minggu (2/7/2023).

BACA JUGA: Marak Fenomena Penipu Atasnamakan Pejabat, Begini Pandangan Praktisi Hukum di Banjarmasin

Heli Water Bombing ini dilengkapi pengangkut air dengan kapasitas 1.000 liter, digunakan petugas yang patroli udara, sekaligus untuk menjatuhkan bom air di lokasi kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

Pada heli tersebut, penugasan operasional diprioritaskan untuk penanganan Karhutla Kalsel di wilayah ring 1 dan ring 2 Bandara Internasional Syamsudin Noor. Dengan heli ini, diharapkan penanganan Karhutla Kalsel dapat lebih cepat dan efektif, terutama untuk titik api yang tidak dapat dijangkau oleh Satgas Darat.

Terpisah, Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah, menegaskan, seluruh personelnya dan dari unsur teknis lain bersiaga dan mewaspadai terjadinya karhutla.

 Dia menekankan, sekecil apa pun kebakaran hutan dan lahan harus diwaspadai, supaya tidak sampai meluas dan berdampak besar.

(tribunbanjarmasin.com)