pemkab tanbu

Pemerintah Kabupaten Tanbu Siapkan Rp 70 Miliar untuk Bangun Stadion, Target Tuan Rumah Porprov

Banjarmasin, Sun FM Radio – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan membangun stadion untuk bisa menjadi tempat digelarnya ajang empat tahunan, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Lahan untuk lokasi  stadion sudah dilakukan pembebasan oleh pemkab, yakni di wilayah Desa Sepunggur dan Api-Api dengan luas 10 hektare.

Kepala Dinas PUPR Tanbu melalui Kabid Cipta Karya, Amruddin, Kamis (27/7/2023), mengungkapkan, stadion itu merupakan keinginan kepala daerah untuk bisa menyelenggarakan Porprov Kalsel. Stadion yang akan dibangun, tidak menargetkan harus sesuai standar atau bertaraf nasional. Pemerintah daerah hanya berupaya untuk membuat fasilitas olahraga yang sesuai dengan ajang tahunan tersebut.

BACA JUGA: Kalsel Tekan Angka Kematian Ibu

"Sementara, tidak ada target apa, hanya bertaraf untuk Porprov saja," cetus Amruddin. Saat ini dalam tahapan perencanaan. Kemudian, pada 2024 mulai pembangunan dan bisa digunakan pada 2025. Kemudian, Amruddin mengungkapkan, pemerintah daerah mengalokasi dana hingga Rp 70 miliar.

Fasilitasnya nantinya, lapangan sepak bola, tempat atletik, lapangan basket, lapangan voli dan bulu tangkis. Sedangkan kolam renang dan asrama atlet, menurutnya, masih diusahakan karena melihat anggaran yang tersedia. "Jadi yang pasti, lapangan bola, lapangan badminton, voli, basket, tenis meja serta fasilitas pendukung," rinci dia.

Kemungkinan untuk tahun 2025 nanti stadion ini sudah bisa dipakai karena pada 2024 sudah dianggarkan untuk fisiknya.

"Harapan yang ada, Kabupaten Tanah Bumbu bisa menyelenggarakan Porprov berikutnya dan bisa lulus verifikasinya," pungkasnya.

(tribunnews.com)