menteri pppa

Menteri PPPA Minta Finalis Miss Universe Indonesia Untuk Speak Up Terkait Dugaan Pelecehan Seksual

Banjarmasin, Sun FM Radio – Terkait dugaan pelecehan seksual di Miss Universe 2023, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta para finalis Miss Universe Indonesia 2023 agar mau mengajukan laporan jika mengalami pelecehan seksual selama acara tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Bintang seusai menemui finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang mendapat pelecehan seksual dan kuasa hukumnya.

BACA JUGA: XYZ Fest Ditunda, LANY dan Rain Batal Tampil di Jakarta

"Saya mendorong finalis Miss Universe Indonesia yang belum berani melapor untuk tidak takut melapor. Kemen PPPA sesuai tupoksi siap menghadirkan saksi ahli pidana jika diperlukan dan kami akan memastikan para korban mendapatkan perlindungan,” kata Bintang dalam siaran pers, Kamis (10/8/2023).

Lebih lanjutnya, Bintang menyayangkan adanya kasus dugaan pelecehan seksual di ajang Miss Universe Indonesia 2023. Bintang mengatakan bahwa dugaan pelecehan seksual yang diatasnamakan body checking ini menyalahi aturan dan sudah merendahkan martabat perempuan serta melanggar hak asasi manusia.

Selain itu, Bintang juga telah berkomunikasi dengan kepolisian untuk mengawal kasus ini bisa diselesaikan dengan tuntas. 

KemenPPPA juga siap mengawal dan mengusust kasus ini hingga tuntas serta memastikan korban mendapatkan perlindungan hukum selama proses penyelidikan berlangsung.