itb

ITB Bantah Soal Kampanye LGBT di Acara Penyambutan Mahasiswa Baru

Banjarmasin, Sun FM Radio –  Sempat viral di media sosial, akhirnya Institut Teknologi Bandung (ITB) membantah dugaan kampanye LGBT dalam formulir online kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Ajaran 2023/2024.

Formulir itu memuat pilihan jenis kelamin perempuan, laki-laki, dan non-biner atau tidak mengidentifikasi jenis kelamin.

BACA JUGA: Sepanjang 2022-2023, BSSN Ungkap Ada 376 Data Vital Bocor

Selain itu, terdapat juga narasi yang menyebut adanya orasi pelangi dalam susunan acara hingga pembatasan waktu salat magrib bagi mahasiswa baru ITB yang mengikuti OSKM tersebut.

Prasetyo menjelaskan formulir yang menjadi sorotan itu bukan dikeluarkan pihak ITB, melainkan pihak mitra. Ia menyebut pihak kampus tidak mengetahui perihal formulir itu sebelum menjadi sorotan.

Selain itu, Prasetyo juga menjelaskan narasi mengenai pawai pelangi yang turut viral. Ia menilai hal itu terjadi karena mahasiswa salah memilih diksi.

"Soal pawai pelangi, saat itu sudah diganti jadi "pawai warna-warni" maksud panitia OSKM (Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa ITB) kegiatan ini sudah tradisi dari OSKM sejak 2013 yang menggambarkan keberagaman kegiatan dan jurusan-jurusan yang ada di ITB. Jadi mahasiswa kami salah mengambil diksi kata pelangi. Bukan disamakan dengan pelangi konteks LGBT," tutur dia.