kasus ispa di banjarmasin

Per Juli 2023, Kasus ISPA di Banjarmasin Mencapai Lebih Dari 4000 Kasus

Banjarmasin, Sun FM Radio – Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) meningkat per Juli 2023. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, penderita ISPA mencapai angka 4.351 orang di Juli 2023.

Padahal di Juni 2023, penderita ISPA di Banjarmasin berjumlah 3.769 kasus. Berdasarkan data tersebut, dalam satu bulan ada sekitar penambahan 582 kasus ISPA.

BACA JUGA: Muncul Larangan Haji Berkali-kali, Menko PMK Ingatkan Jika Kangen Bisa Umrah

Menurut data Dinkes Banjarmasin tahun ini, ISPA juga masih menjadi nomor dua dari sepuluh penyakit terbanyak yang diderita warga Banjarmasin.

Jika dibandingkan data tahun 2022 tadi, penyakit hipertensi esensial menduduki posisi nomor satu dengan total 56.269 penderita. Sedangkan ISPA mencapai angka 41.120 penderita.

Meningkatnya kasus ISPA di Banjarmasin, membuat Plt Kepala Dinkes Banjarmasin, M Ramadhan meminta warga agar menjaga kesehatan.

Misalnya, dengan tetap memakai masker ketika keluar rumah. Lalu, memperbanyak konsumsi air putih. “Bagi penderita penyakit asma, jangan lupa menyediakan atau membawa obat yang sudah biasa diminum. Apabila asma kambuh, segera periksakan diri,” imbaunya, kemarin (25/8). “Cegah pula agar kabut asap tidak masuk ke dalam rumah,” tambahnya.