Menuju Kampus Kelas Dunia, Universitas Lambung Mangkurat Ajukan Akreditasi Internasional

Menuju Kampus Kelas Dunia, Universitas Lambung Mangkurat Ajukan Akreditasi Internasional

Banjarmasin, Sun FM Radio – Menuju kampus kelas dunia, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan melakukan pengusulan akreditasi internasional pada sejumlah program studi (prodi) sarjana (S1) unggulan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang lebih kompetitif dalam tingkat persaingan global.

"Total ada sembilan prodi yang sudah dalam proses pengajuan dan penilaian akreditasi internasional," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri yang dikutip dari ANTARA.

Bahkan empat prodi di antaranya sudah melalui tahap visitasi tim dari ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs In Engineering Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathemathics) yaitu Prodi S1 Ilmu Tanah, Prodi S1 Agribisnis, Prodi S1 Teknologi Industri Pertanian, dan Prodi S1 Kehutanan.

ASIIN merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.

Untuk empat prodi lainnya juga sudah diajukan untuk mendapatkan akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA), sebuah lembaga akreditasi Eropa yang berbasis di Swiss.

Terakhir, satu prodi berupaya memperoleh akreditasi bertaraf internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) yaitu badan yang melakukan akreditasi terhadap prodi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan komputasi.