Dinkes Sumatera Utara Perketat Pengawasan Pintu Kedatangan Internasional Untuk Cegah Persebaran Virus Nipah

Dinkes Sumatera Utara Perketat Pengawasan Pintu Kedatangan Internasional Untuk Cegah Persebaran Virus Nipah

Banjarmasin, Sun FM Radio – Seiring meningkatnya kasus Nipah, Dinas Kesehatan Sumatera Utara mulai meningkakan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Nipah.

 

Antisipasi tersebut dilakukan dengan memperketat pengawasan di wilayah kedatangan internasional yaitu Pelabuhan Tanjungbalai dan Bandara Kualanamu Deliserdang.

 

"Kita mendapat surat edaran dari Kemenkes RI terkait antisipasi virus Nipah. Kita sudah berkoordinasi dengan Pelabuhan Tanjungbalai dan Bandara Kualanamu," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahid kepada CNNIndonesia.com, Rabu (27/9).

 

Menurut Alwi, meskipun virus Nipah memang belum ditemukan di Sumatera Utara. Namun pihaknya tetap melakukan antisipasi dengan cara meningkatkan kewaspadaan terhadap pelancong yang masuk ke Sumut.

 

Selain itu, Alwi juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan menggunakan masker kemanapun pergi. Apalagi virus Nipah bisa menular ke manusia melalui kontak langsung dengan orang ataupun hewan terinfeksi atau melalui makanan terkontaminasi oleh virus.

 

Diketahui, Virus Nipah merupakan penyakit emerging zoonotik yang disebabkan oleh virus Nipah yang tergolong genus Henipavirus dan famili Paramyxoviridae. Gejala klinis bervariasi mulai dari tanpa gejala, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) ringan hingga berat serta ensefalitis yang fatal.