rice cooker gratis

Kementerian ESDM Akan Bagikan 500 Ribu Rice Cooker Gratis ke Warga

Banjarmasin, Sun FM Radio –  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan 500 ribu produk alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker ke masyarakar tahun ini. 

Pembagian AML berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Lebih lanjutnya, turunan dari Permen tersebut telah diterbitkan yaitu mengenai Petunjuk Teknis Penyediaa AML melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

BACA JUGA: Kota Banjarmasin Masih Diselimuti Kabut Asap Meski Sudah Diguyur Hujan Deras

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan pembagian 500 ribu rice cooker itu berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 GWh setara dengan kapasitas pembangkitan 20MW.

Menurutnya, program ini juga berpotensi menghemat LPG sekitar 29 juta kilogram (kg) atau setara 9,7 juta tabung 3 kg.

Ia juga menyampaikan target rumah tangga penerima rice cooker adalah pelanggan PLN atau PLN Batam berdaya 450 VA sampai dengan 1.300 VA yang berdomisili di daerah tersedia listrik 24 jam menyala.

"Spesifikasi AML yang akan didistribusikan antara lain berfungsi minimal memasak nasi, menghangatkan dan mengukus dengan kapasitas sebesar 1,8 sampai dengan 2,2 liter," katanya.

Sementara itu, Staf Khusus Kementerian Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan pihaknya menyiapkan anggaran Rp347,5 miliar untuk program bagi-bagi rice cooker tersebut.