bupati tabalong

Kick Off Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 Resmi Dibuka

Banjarmasin, Sun FM Radio – Kick Off Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 resmi dibuka pada Minggu (15/10) di Atrium Lantai 1 Duta Mall Banjarmasin. Adanya Kick Off Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 menandai resmi dimulainya rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Tabalong ke-58.

Adapun untuk Kick Off Nan Sarunai Tabalong Festival dibuka dengan penampilan Fashion Show Batik Tabalong

BACA JUGA: KA Argo Semeru Anjlok, Jalur Kereta Wates Tidak Bisa Dilalui

Pada Kick Off ini, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengutarakan, keberadaan batik Tabalong saat ini sudah menyentuh pasar nasional hingga ke pasar internasional. Sehingga melalui kegiatan fashion show batik Tabalong dapat memperkenalkan lebih luas keberadaan dan eksistensi batik Tabalong.

Anang mengatakan, melihat dari sisi budaya, batik Tabalong sebagai salah satu khazanah kekayaan budaya yang ada di Kalimantan Selatan. Terlebih batik tersebut memiliki motif yang beragam.

Tidak kalah penting ungkapnya, motif dasar dari pembuatan batik Tabalong minimal harus memenuhi tiga unsur.

Unsur pertama memiliki motif gigi haruan yang mewakili Banjar, kemudian kelaban dayak mewakili dayak dan langsat mewakili kearifan lokal.

Lebih lanjutnya, event Nan Sarunai Tabalong Festival nantinya akan dimulai tanggal 1 Desember 2023 bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Tabalong ke-58.