threads

Threads Instagram, Dulu Aplikasi Pesan Instan Sekarang Jadi Mirip Twitter

Banjarmasin, Sun FM Radio – Siapa yang sudah download Threads Sun People?

Meta (perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram) resmi meluncurkan aplikasi media sosial barunya, Threads, pada Kamis (6/7/2023). Aplikasi ini digadang-gadang menjadi pengganti Twitter karena sama-sama merupakan platform microblogging berbasis teks.

Melalui aplikasi Threads Instagram, pengguna bisa membagikan postingan hingga 500 karakter, dilengkapi dengan tautan, foto, atau video berdurasi 5 lima menit. Nah, sebelum kelahiran Threads Instagram yang sekarang, Meta sebenarnya pernah membuat aplikasi dengan nama yang sama pada 2019 lalu.

BACA JUGA: 27 Atlet Resmi Diangkat Jadi PNS, Menpora RI Beri Wejangan Ini kepada Jonatan Christie Dkk

Threads yang dirilis pada 2019 merupakan aplikasi Instagram yang berdiri sendiri (standalone). Threads versi lawas ini merupakan aplikasi pesan instan berbasis foto dan video yang mirip Snapchat.

Disebut begitu karena aplikasi ini mengutamakan komponen foto dan video, yang dirancang untuk digunakan oleh teman dekat. Dengan Threads lawas, pengguna bisa membagikan informasi yang lebih intim seperti lokasi real-time, kecepatan, hingga status baterai. Karena dapat membagikan konten yang lebih rinci, pengguna Threads hanya bisa membagikan informasi tersebut kepada kawan-kawan terdekat yang ada pada daftar "Close Friends", yang didaftarkan pengguna di Instagram Stories.

Seperti Instagram, Threads lawas ini juga memiliki fitur Direct Message. Akan tetapi, hanya teman terdekat saja yang mampu mengirim pesan ke pengguna. Hingga pada tahun 2020, Threads mendapat sejumlah penambahan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan pesan ke semua orang, bukan hanya teman dekat.

Namun, aplikasi yang diluncurkan di platform Google Play Store dan App Store ini resmi ditutup pada akhir 2021. Penutupan ini dilatarbelakangi oleh kehadiran fitur terbaru yang ditambahkan pada aplikasi yang berada di bawah naungan Meta.

(Kompas.com)