penukaran uang lebaran menggunakan qris

BI Masih Kaji Penukaran Uang untuk Lebaran Pakai QRIS

Banjarmasin, SUN FM Radio – Sudah jamannya cashless, ‘kan Sun People…

Kamu sudah mendaftar untuk penukaran uang, jelang Hari Raya Idul Fitri ini, Sun People? Lebaran acap kali dimanfaatkan sebagai ajang berbagi rezeki kepada kerabat dan saudara, khususnya bagi usia anak-anak dan remaja. Maka, bukan fenomena pertama menjelang lebaran ini masyarakat mendatangi layanan penukaran uang di perbankan ataupun yang dibuka oleh Bank Indonesia.

Meski transaksi saat ini cenderung non tunai (cashless) layanan penukaran uang pecahan tetap digandrungi oleh masyarakat, Sun People.

Mengutip, Merdeka, Kepala Department Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, BI terus beradaptasi dengan segala pemanfaatan teknologi dalam sektor keuangan. Hanya saja, untuk penukaran uang jelang lebaran ini belum menerapkan scan QRIS karena mempertimbangkan geografis dan kebutuhan masyarakat.

Namun, bukan berarti masyarakat tidak dapat menukar uang melalui QRIS, ya Sun People. Marlison menuturkan perbankan telah memfasilitasi layanan tukar uang dengan metode QRIS. Sehingga, masyarakat dapat men-scan QRIS bank tersebut kemudian memasukkan jumlah nominal yang akan ditukar ke pecahan kecil.

Memang saat ini QRIS yang difasilitasi masih belum secara maksimal dan optimal terlebih kendala dari adanya pertimbangan dari kondisi geografis tadi, ya Sun People. 

Bagi masyarakat yang ingin menukar uang di layanan BI dapat mendaftar terlebih dahulu secara online melalui situs Pintar. Atau Kunjungi langsung link penukaran uang baru buat Lebaran 2023, https://pintar.bi.go.id/.

(sumber: merdeka.com)