prompt engginer

Mengenal Prompt Engginer, Profesi yang Lahir dari Demam ChatGPT

Banjarmasin, Sun FM Radio-Sun People, minat ga dengan profesi Prompt Engginer yang muncul karene maraknya teknologi AI 

Prompt Engginer sendiri merupakan profesi yang hadir setelah meningkatnya popularitas platfor kecerdasan (AI). Sebelumnya, CEO OpenAI Sam Altman menyebut AI tak bakal menggusur pekerjaan sebanyak yang diprediksi oleh para ahli.

BACA JUGA: Dipastikan Tak Datang ke Indonesia, Ini Kata Messi

Menurutnya, dunia tidak akan kehabisan pekerjaan karena AI. Altman, sosok di balik ChatGPT yang mempelopori demam AI, bahkan menyebut kehadirannya akan memicu munculnya pekerjaan baru yang lebih baik.

Seorang peneliti di perusahaan AI Hugging Face Victor Sanh yang melakukan studi dan membangun aplikasi yang berkaitan dengan AI menjelaskan bagaimana prompt engineer mendapatkan tempat sebagai sebuah profesi.

Artinya, sistem-sistem ini pada dasarnya memahami apa yang diperintahkan dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Namun, mereka sering membuat kesalahan, baik gagal memahami query (pertanyaan, perintah) dengan benar atau gagal mengenali karena kurang spesifik, sehingga tidak memungkinkan untuk memberikan respons yang tepat.

Profesi Prompt Engineer terlalu baru untuk memiliki standardisasi baku untuk mencari pelamar yang kompeten.

"Jika Anda belum melakukan banyak hal dalam hal rekayasa prompt, Anda dapat menunjukkan kemampuan rekayasa prompt Anda dengan meluangkan waktu untuk bereksperimen dengan Claude atau GPT-3 dan menunjukkan bahwa Anda telah berhasil mendapatkan perilaku yang kompleks dari serangkaian prompt yang dibuat dengan baik," kata iklan tersebut.

(cnnindonesia.com)