Investasi Budidaya Laut di kalsel

Masih Terbuka Lebar, Pemerintah Kalsel Dorong Investasi Budidaya Laut

Banjarmasin, Sun FM Radio – Salah satu kegiatan budidaya yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan adalah budidaya ikan dalam karamba.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kalsel, Rusdi Hartono, mengatakan, budidaya laut di Kalsel berupa karamba atau jaring apung dengan jenis ikan bawal bintang dan kakap putih.

"Daerah yang dikembangkan untuk melakukan budidaya tersebut adalah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru," jelasnya, Senin (11/12/2023).

Budidaya laut sebagian besar dilakukan di Kabupaten Kotabaru, seperti karamba jaring apung (KJA), rumput laut dan tiram mutiara. Untuk komoditas yang dibudidayakan dalam KJA antara lain ikan kerapu dan teripang.

BACA JUGA: RM dan V BTS Resmi Laksanakan Wajib Militer

"Budidaya Karamba Jaring Apung, peluang investasinya dengan potensi perairan yang mencapai 1.000.000 ha masih terbuka lebar untuk dikembangkan di Kalimantan Selatan," jelasnya.

Adapun jenis komoditi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan adalah udang windu, sebab harganya yang relatif tinggi, pasar terbuka lebar, teknologi yang sudah dikuasai dan serangan penyakit yang sudah dapat diatasi.

"Pemerintah terus mendorong peningkatan produksi perikanan dengan berbagai cara, antara lain pelatihan dan tata cara penangkapan ikan dengan metode yang ramah lingkungan," jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan berupa kapal penangkap ikan, meningkatkan infrastruktur dan pembangunan sarana pengolahan hasil laut, sehingga hasil yang diperoleh bukan hanya sebagai bahan baku tetapi sudah menjadi produk olahan.