indomie rasa ayam spesial

Kemendag Beri Tanggapan Usai Taiwan Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial

Banjarmasin, SUN FM Radio – Tau kabar mie instan Indonesia yang ditarik edarannya, ‘kan Sun People?

Baru-baru ini beredar kabar bahwa Taiwan menarik Indomie Rasa Ayam Spesial. Menanggapi hal ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menindaklanjuti temuan negara Taiwan terkait zat pemicu kanker yang ada dalam produk mie instan asal Indonesia bahkan Malaysia juga, Sun People.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Buruh Bakal Geruduk Istana Saat May Day 1 Mei

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso di Kantor Kementerian Perdagangan, menjelaskan bahwa pada dasarnya setiap negara memiliki standar masing-masing dalam klasifikasi layak ekspor. Hal itulah yang menjadi dasar dalam mencuatnya kasus Indomie sebabkan kanker beberapa waktu belakangan ini.

Seperti dilansir dari sumber, CNBC Indonesia, "di Indonesia sebenarnya tidak masalah, cuma di Taiwan memang sangat sensitif aturannya, berbeda dengan kita. Tapi tidak ada masalah sebetulnya yang di Indonesia," tutur Budi.

Departemen Kesehatan Taiwan mengumumkan temuan tersebut pada Senin 24 April 2023 lalu. Lalu, dilansir dari Channel News Asia, Departemen tersebut menemukan kandungan etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia dalam dua produk mi instan tersebut.

Limfoma adalah kanker yang memengaruhi kelenjar getah bening. Sedangkan, leukemia adalah kanker yang memengaruhi darah dan sumsum tulang.

(sumber: cnbcindonesia.com)