menkopmk

Ingatkan Pendatang: Ke Kota Besar Harus Punya Modal, Salah Satunya Keterampilan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Untuk kamu yang mungkin pengen ke kota besar, Sun People…

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta para calon pendatang untuk mempertimbangkan dengan matang keputusannya merantau ke kota-kota besar. 

Utamanya, saat akan merantau ke Jakarta, nih Sun People! Hal ini disampaikannya dalam rangka arus balik Idul Fitri yang kerap menjadi momen hadirnya para pendatang ke kota-kota besar.

BACA JUGA: Luas Banjarbaru Katanya Menyusut 7 Hektare, Kenapa?

Ditambahkan Muhadjir, bahwa merantau ke Jakarta tidak hanya memerlukan tekad kuat, tetapi juga keterampilan dan pengetahuan yang berdaya saing, lho. Diakui juga bahwa pemerintah tidak bisa membatasi secara keras untuk melarang para pendatang membawa sanak saudaranya datang ke Jakarta.

Melihat kondisi ini, Sun People, juga diungkapkan bahwa sekitar 50 persen pendatang yang merantau ke Ibu Kota dalam beberapa tahun terakhir tidak memiliki keterampilan. Meskipun begitu, guna memaksimalkan SDM disamping banyaknya pendatang yang tidak memiliki keterampilan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan pelatihan terkait tata boga, menjahit, otomotif hingga elektronik.

(sumber: kompas.com)