Groundbreaking Pusat Ekosistem Digital di IKN

Stanford Diklaim Akan Groundbreaking Pusat Ekosistem Digital di IKN

Banjarmasin, Sun FM Radio – Universitas Stanford diklaim oleh Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pusat ekosistem digital di ibu kota baru dalam dua bulan mendatang. 

"Kami sudah melakukan MoU (nota kesepahaman) dengan Stanford University dan Insya Allah dalam dua bulan ke depan groundbreaking untuk membuat sebuah pusat ekosistem digital yang kekinian," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta yang ditayangkan secara virtual, Selasa (30/1).

BACA JUGA: Warga Banjarmasin Timur Mulai Diharapkan Waspada Terhadap Banjir

Pusat ekosistem digital itu akan menjadi tempat bagi pengembangan talenta digital di Indonesia. Rencananya, di sana akan ada universitas hingga perusahaan rintisan.

"Jadi akan ada satu komunitas talenta digital yang dibangun," ujarnya.

Selain Universitas Stanford, Bambang mengatakan bahwa OIKN juga menjalin kerja sama dengan beberapa pusat riset ternama di dunia seperti Centre for Liveable Cities di Singapura yang akan mengukur jejak karbon hingg Hyundai untuk menggodok pilot project taksi terbang.