Inflasi di HST

Inflasi di HST Capai 5,18 Persen, Pemda Akan Gelar Operasi Pasar

Banjarmasin, Sun FM Radio – Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masuk ke dalam 10 kabupaten se-Indonesia dengan tingkat inflasi tertinggi. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) HST, inflasi di HST berada di posisi ke-9 kabupaten/kota tertinggi dengan angka 5,18 persen. Sedangkan target inflasi Nasional pada angka 2,5 persen.

Kepala BPS HST, Deddy Winarno menyampaikan, ada sejumlah peristiwa yang turut mengakibatkan inflasi.

BACA JUGA: 185 Ribu Rumah di Papua Masih Belum Teraliri Listrik

"Mulai dari musim hujan, karena curah hujan tinggi menyebabkan komoditas ikan menurun, salah satunya ikan gabus, " Jelasnya.

Deddy mengatakan terjadi inflasi untuk komoditas ikan, khususnya ikan gabus (haruan).

"Selain itu, bencana banjir awal tahun 2024 juga turut berdampak pada tingginya inflasi. Ada juga komoditas lain pendorong meningkatnya inflasi yakni, bawang merah, nasi dengan lauk, ikan nila, tomat, daging ayam ras, cabai merah dan ikan bakar dan yang perlu diwaspadai adalah harga beras," Jelasnya.

Lebih lanjutnya, Deddy mengatakan bahwa di Januari, komoditas beras masih mengalami Inflasi, yaitu sebesar 0,64 persen dengan andil 0,03 persen. Kenaikan harga beras ini juga terjadi di 28 provinsi di Indonesia.

"Terkait hal itu, saya sarankan dalam pengendalian inflasi ini yang perlu dipastikan, mulai dari keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, hingga lakukan komunikasi efektif. Baik dengan strategi jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang, " Jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pengendalian inflasi ini sangat penting karena inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus turun.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perdagangan HST, Irfan Sunarko mengatakan bahwa solusi pertama yang saat ini gencar dilakukan adalah melakukan sejumlah intervensi dalam pengendalian inflasi ini.

"Salah satunya sedang berjalan ini yakni menggelar pasar murah di seluruh kecamatan HST secara bergiliran. Di tambah, ada juga pasar murah bersubsidi yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kalimantan Selatan (Kalsel) di HSTHST, " Jelasnya.

Irfan mengatakan selain itu, ada juga operasi beras murah dan pada Bulan Ramadan nanti akan diadakan pasar murah bersubsidi terpadu.