Piala Dunia Qatar 2022 Diperkirakan yang Termahal Sepanjang Masa

Piala Dunia Qatar 2022 Diperkirakan yang Termahal Sepanjang Masa

Banjarmasin, SUN FM Radio - Dua belas tahun berlalu setelah keputusan FIFA yang mengejutkan dan kontroversial memberikan hak tuan rumah Piala Dunia kepada Qatar. Kini turnamen akan segera dimulai. Negara Teluk ini telah menginvestasikan uang yang banyak di dalamnya, menjadikannya yang termahal.

Sulit menetapkan biaya pasti ke Qatar untuk Piala Dunia FIFA yang akan datang. Tapi sudah pasti ini adalah yang termahal dari semua Piala Dunia yang diadakan sejak pertama kali pada tahun 1930. Biayanya bahkan diperkirakan melebihi jumlah yang dikeluarkan dari gabungan 21 penyelenggaraan sebelumnya.

Menurut berbagai ahli dan laporan, biayanya melebihi 200 miliar dolar atau 199 miliar euro, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Sebagai perbandingan, Piala Dunia termahal sebelumnya, yaitu turnamen 2014 di Brasil dan edisi 2018 di Rusia, keduanya menelan biaya kurang dari 15 miliar dolar.

Ketidakpastian jumlah biaya ini muncul karena sebagian besar dari miliaran yang telah dihabiskan pemerintah Qatar sebelum turnamen adalah untuk infrastruktur nonsepak bola, seperti sistem metro baru, bandara internasional, jalan baru, sekitar 100 hotel baru, dan fasilitas rekreasi.

Sebagian besar investasi ini merupakan bagian dari proyek investasi publik negara Teluk yang lebih luas, yang dikenal sebagai Visi Nasional Qatar 2030.

(sumber: sindonews.com)