operasi makanan dinkes banjarmasin

Dinkes Banjarmasin Periksa Makanan di Pasar Wadai

Banjarmasin, Sun FM Radio – Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mendatangkan tim pemeriksa makanan yang ada di Pasar Wadai Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Jalan RE Martadinata depan Balai Kota Banjarmasin.

"Tim mengambil beberapa sampel baik makanan maupun minuman untuk diperiksa," ujar Ketua Pokja Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Banjarmasin, Umi Kalsum di Banjarmasin, Jumat.

BACA JUGA: Rekapitulasi Suara di 32 Provinsi Telah Disahkan Oleh KPU

Dia menyampaikan kegiatan pemeriksaan ini sebagai bentuk pencegahan bagi pedagang agar tidak menggunakan bahan berbahaya.

"Disamping kegiatan rutin dalam bentuk pengawasan keamanan pangan," ungkapnya.

Diketahui, wisata kuliner di musim Ramadhan ini, kata Umi, Pasar Wadai Ramadhan yang menyuguhkan ratusan pedagang makanan dan minuman untuk menu berbuka puasa tentunya harus jadi perhatian serius agar terjamin kesehatannya.

Karenanya, ucap dia, seluruh makanan yang diedarkan harus bebas dari kandungan zat berbahaya, seperti borak atau pun zat pewarna dan minuman yang menggunakan pemanis buatan.

Adapun sampel yang diperiksa yang dicurigai mengandung kandungan berbahaya seperti ayam goreng, tahu bakso, puding merah menyala, kue pare warna hijau pekat, siomay, es buah, mie merah, serta bingka barandam.

"Sejauh yang kita periksa saat ini, Alhamdulillah semuanya tidak ada yang negatif," ujarnya.

Umi menambahkan pemeriksaan juga dilakukan masing-masing puskesmas di wilayah menggelar Pasar Wadai.

"Jika ditemukan akan ditindaklanjuti dengan teguran dan pembinaan dalam bentuk sosialisasi terhadap bahan makanan yang dibolehkan," ujarnya.