Warga Kandanganlama Tanah Laut Rela Iuran dan Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Warga Kandanganlama Tanah Laut Rela Iuran dan Gotong Royong Perbaiki Jembatan

Banjarmasin, SUN FM Radio – Tentunya ini dikarenakan juga akses transportasi warga lokal yang semakin tersendat dan terhalang akibat kondisi jembatan yang semakin rusak, sun people!

Kerusakan jembatan di jalur utama jalan menuju lahan usaha tani di Desa Kandanganlama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), kian parah. Dengan inisiatif yang tinggi, warga sekitar pun rela iuran dan bergotong royong dalam mempercepat perbaikan akses jalan mereka. Patut dicontoh banget kan sun people.

Warga kampung tersebut berswadaya melakukan perbaikan jembatan tersebut. Pasalnya kerusakan jembatan kian meluas. Termasuk retakan pada bagian gorong-gorong.

Warga Kandanganlama menyebut kerusakan gorong-gorong jembatan tersebut akibat dampak tambang batu bara yang beroperasi tak jauh dari lokasi setempat. Sementara itu pihak penambang saat pertemuan dengan warga Kandanganlama di kantor desa setempat, pekan lalu, menyatakan kerusakan jembatan/gorong-gorong tersebut tidak dapat langsung dikaitkan dengan aktivitas pertambangan.

Dua pekan lalu Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel Kisworo Dwi Cahyono bersama warga Kandanganlama penolak tambang mengecek jembatan tersebut serta kondisi air di wilayah tersebut.

Pengecekan serupa juga dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Tala dan Dinas Perhubungan Tala, Selasa siang. Langkah itu menindaklanjuti aduan warga Kandanganlama terkait dampak tambang.

Apa tanggapan kamu nih, sun people?

(sumber: tribunnews.com)