Rencana Pembangunan Infrastruktur

Jokowi Minta Pembangunan Terowongan untuk Pelintasan Harimau dan Banteng di Jalan Tol

Banjarmasin, SUN FM Radio – Siapa yang belum tahu bahwa selama ini ada terowongan perlintasan untuk hewan di alam liar, Sun People?

Kali ini Presiden Joko Widodo meminta adanya terowongan pelintasan bagi satwa-satwa liar di jalan tol agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu habitat mereka.

Jokowi mengatakan, terowongan pelintasan gajah seperti yang ada di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai mesti dibangun di tempat-tempat lain yang menjadi habitat satwa dilindungi.

"Di tempat lain, misalnya harus melintasi lintasan harimau, ya harus ada terowongan untuk menjaga agar lintasan hewan-hewan liar itu bisa berjalan dengan apa adanya," kata Jokowi, Kamis (5/1/2023).

Mantan Wali Kota Solo itu menekankan, pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus memperhatikan lingkungan.

Jokowi menyebutkan, hal itulah yang membuat adanya terowongan lintasan gajah sebanyak 6 titik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S.Hasibuan menjelaskan, terowongan gajah itu dibangun karena ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten dengan total populasi gajah sebanyak 76 ekor.

Gimana menurut kamu, Sun People?

(sumber: kompas.com)