pengelolaan limbah Banjarmasin

Rendahnya Kesadaran Warga Banjarmasin Dalam Mengelola Limbah

Banjarmasin, SUN FM Radio – Apakah kamu juga termasuk diantara warga yang masih rendah akan kesadaran pengelolaan limbah, Sun People?

Kesadaran warga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, untuk pengelolaan limbah, khususnya limbah cair dari rumah tangga, dinilai masih rendah.

Berdasarkan data Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Banjarmasin hingga 2022 rumah tangga yang berlangganan masih di angka 4,45 persen.

"Ini kalau kita hitung dari pelanggan PT Air Minum Bandarmasih, Kota Banjarmasin, yang mencapai 180 ribu rumah tangga," ujar Direktur Perumda PALD Kota Banjarmasin Endang Waryono di Banjarmasin, beberapa waktu yang lalu.

Dikutip dari Antaranews.com, bahwa hal ini sudah sangat gencar disosialisasikan, namun sayang kurang membuahkan hasil. Meskipun pihaknya sudah begitu gencar melakukan sosialisasi, namun tetap kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola air limbah rumah tangganya belum begitu berhasil.

DPRD Kota Banjarmasin melalui Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, Awan Subarkah, meminta agar pemerintah kota memberikan perhatian serius bagi operasional Perumda PALD ini, sehingga betul-betul maksimal beroperasi, menangani limbah untuk kelestarian lingkungan hidup di daerah ini.

"Kami juga meminta Perumda PALD juga terus berinovasi memaksimalkan pelayanan, menarik pelanggan, hingga bisa menjadi perusahaan yang sehat," ujarnya.

Semoga hal ini bisa segera teratasi ya, Sun People!

(sumber: antaranews.com)