Perpustakaan disabilitas banjarmasin

Akan Segera Beroperasi Perpustakaan Disabilitas, Pegawai Dilatih Bahasa Isyarat

Banjarmasin, SUN FM Radio – Salah satu pemenuhan hak sebagai fasilitas teman-teman disabilitas, nih Sun People!

Sumber daya manusia dan fasilitas penunjang terus digenjot Dispersip Kalsel dalam rangka persiapan pengoperasian Perpustakaan Disabilitas tahun ini.

Kepala Dispersip Kalsel Hj. Nurliani Daerdie mengungkapkan persiapan yang dilakukan dalam rangka pengoperasian Perpustakaan Disabilitas.

Ia menyebut, dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan bahasa isyarat, untuk melayani pemustaka berkebutuhan khusus. Pihaknya juga telah menyiapkan sarana prasarana pendukung, agar dapat melayani dengan maksimal.

Dilansir dari tribunnews.com, Gedung perpustakan juga sudah diresmikan tahun lalu.

“Iya, gedungya sudah tahun kemarin kita resmikan, dan tahun ini kita lengkapi sarananya, di antaranya kita akan pasang guiding block, komputer khusus yang bisa terhubung dengan layar besar, hingga buku braille, dan lainnya,” jelas Bunda Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel).

 Selain itu, disampaikan juga Dispersip Kalsel akan segera melakukan sosialisasi layanan disabilitas dengan mengundang komunitas terkait.

“Tentu, supaya mereka tahu dan bisa memberikan masukan kepada kami agar layanan dapat maksimal,” tambahnya.

Disamping itu, operasional perpustakaan disabilitas ini ialah bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Kalsel Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Barangkali Sun People tertarik untuk masuk jadi pihak pelayanan di perpustakaan ini!

(sumber: tribunnews.com)