Pemotongan kabel udara Jakarta

Jakarta Menuju Pembebasan Kabel Udara, Setiap Hari 400 Tiang “Ditebang”

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kebayang kalo pemandangan udara di Indonesia sudah bebas dari adanya kabel-kabel, ya Sun People.

Kali ini aksi ini sudah mulai dijalankan oleh sejumlah wilayah di Jakarta, dimana untuk mempercepat program tersebut, 400 tiang setiap harinya sudah ditebang, dilansir dari Mediaindonesia.com.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta mempercepat pembebasan wilayah Ibu Kota dari kabel udara melalui program pembangunan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT). Dengan adanya SJUT, kabel udara diputuskan dan sambungan harus berpindah ke bawah tanah.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugrogo menyebut pihaknya memotong hingga 400 tiang listrik per hari untuk mempercepat program tersebut.

Hal ini juga mengikuti kebijakan dimana sejak Pergub DKI 110/2019 diterbitkan, keberadaan kabel udara, seperti kabel listrik hingga jaringan fiber optik, tidak diperbolehkan.

Tidak hanya di wilayah yang sudah terbangun revitalisasi trotoar beserta 'ducting' untuk SJUT, Dinas Bina Marga juga memangkas kabel udara dan tiang listrik pada lokasi yang belum terdapat revitalisasi trotoar.

Saat ini, revitalisasi trotoar sebagian besar sudah dilaksanakan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Semoga dengan perlahan-lahan gaya transformasi ini bisa secara merata diterapka, ya Sun People. Kapan lagi kita bisa mandangin udara Banjarmasin tanpa ada diganggu dengan pandangan tumpukan kabel udara.

(sumber: mediaindonesia.com)